Jasa Kami

A. PERPAJAKAN

  • KEPATUHAN PERPAJAKAN
    Kami membantu klien dengan upaya terbaik dalam memenuhi kewajiban perpajakan Masa (bulanan) dan Tahunan yang meliputi seluruh jenis pajak, yaitu penghitungan, penyusunan dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat perusahaan terdaftar, berupa SPT Masa PPh Pasal 25, Pasal 21/26, Pasal 22, Pasal 23/26, Pasal 4 ayat (2), PPN, dan SPT Tahunan PPh Badan. Layanan Kepatuhan Perpajakan ini mencakup mengumpulkan dan mengolah data transaksi terkait pelaporan seluruh jenis pajak, menyusun SPT Masa/Tahunan, dan melaporkan SPT Masa/Tahunan ke KPP.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah memastikan bahwa seluruh pelaporan SPT telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, serta membantu kelengkapan dan keakuratan dokumentasi perpajakan klien jika sewaktu-waktu dilakukan pemeriksaan/penelitian pajak.

  • PEMERIKSAAN PAJAK
    Kami mendampingi klien dengan upaya terbaik dalam menghadapi proses pemeriksaan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Layanan kami mencakup antara lain membantu menyiapkan dan menyerahkan dokumen untuk memenuhi permintaan pemeriksa pajak, mendampingi klien dalam menghadapi pemeriksa, menyusun surat-surat jawaban atau tanggapan yang diperlukan, hingga memberikan rekomendasi tindak lanjut kepada klien terkait temuan atau koreksi yang dilakukan oleh pemeriksa pajak.

    Tujuan utamadari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh prosedur pemeriksaan telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, menjamin dipenuhinya hak-hak klien sebagai Wajib Pajak, dan membantu mencegah penerbitan ketetapan pajak yang lebih besar dari yang seharusnya akibat kurang tepatnya komunikasi dengan pihak pemeriksa pajak dalam menjelaskan proses bisnis perusahaan serta menunjukkan dokumen-dokumen pendukung secara akurat dan sistematis.

  • KEBERATAN PAJAK
    Dalam hal klien tidak setuju dengan surat ketetapan pajak sebagai hasil pemeriksaan pajak, klien dapat mengajukan keberatan. Kami mendampingi klien dengan upaya terbaik dalam menghadapi proses keberatan di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP). Layanan kami mencakup antara lain membuat konsep/draft surat keberatan, mengumpulkan dan menyerahkan dokumen yang diperlukan dalam rangka pembuktian, mendampingi klien dalam menghadapi pihak Kanwil DJP, menyusun surat-surat jawaban atau tanggapan yang diperlukan, hingga memberikan rekomendasi tindak lanjut kepada klien terkait hasil keberatan pajak.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh prosedur keberatan telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, menjamin dipenuhinya hak-hak klien sebagai Wajib Pajak, dan seluruh argumentasi yang diperlukan serta dokumen-dokumen pendukung secara akurat dan sistematis telah disampaikan kepada pihak Kanwil DJP.

  • PENGHAPUSAN/PENGURANGAN SANKSI ADMINISTRASI
    Dalam hal klien menginginkan penghapusan atau pengurangan sanksi administrasi sebagaimana dimaksud dalam surat ketetapan pajak atau surat tagihan pajak, kami mendampingi klien dengan upaya terbaik untuk menghadapi proses permohonan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi tersebut di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP). Layanan kami mencakup antara lain membuat konsep/draft surat permohonan, mengumpulkan dan menyerahkan dokumen yang diperlukan dalam rangka pembuktian, mendampingi klien dalam menghadapi pihak Kanwil DJP, menyusun surat-surat jawaban atau tanggapan yang diperlukan, hingga memberikan rekomendasi tindak lanjut kepada klien terkait hasil permohonan tersebut.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh prosedur permohonan penghapusan atau pengurangan sanksi administrasi telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, menjamin dipenuhinya hak-hak klien sebagai Wajib Pajak, dan seluruh argumentasi yang diperlukan serta dokumen-dokumen pendukung secara akurat dan sistematis telah disampaikan kepada pihak Kanwil DJP.

  • BANDING/GUGATAN (LITIGASI)
    Dalam hal klien sebagai Wajib Pajak masih tidak setuju atas keputusan keberatan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, klien dapat mengajukan banding ke Pengadilan Pajak. Atau dalam hal klien tidak setuju atas produk hukum lainnya yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, klien dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Pajak. Kami membantu klien dengan upaya terbaik untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum di Pengadilan Pajak. Layanan kami antara lain mencakup penyusunan surat banding/gugatan, penyusunan surat bantahan, menyiapkan dokumen pendukung sebagai bukti hingga beracara di Pengadilan Pajak.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh prosedur banding/gugatan telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, menjamin dipenuhinya hak-hak klien sebagai Wajib Pajak, dan seluruh argumentasi yang diperlukan serta dokumen-dokumen pendukung secara akurat dan sistematis telah disampaikan kepada Majelis Hakim dan Panitera di Pengadilan Pajak.

  • PENINJAUAN KEMBALI (JUDICIAL REVIEW)
    Dalam hal klien sebagai Wajib Pajak tidak setuju dengan putusan banding Pengadilan Pajak antara lain akibat adanya bukti-bukti baru, klien dapat mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung. Kami membantu klien dengan upaya terbaik untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum di Mahkamah Agung. Layanan kami antara lain mencakup penyusunan surat permohonan peninjauan kembali, berikut dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan sebagai alat bukti.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh prosedur Peninjauan Kembali telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, menjamin dipenuhinya hak-hak klien sebagai Wajib Pajak, dan seluruh argumentasi tertulis yang diperlukan serta dokumen-dokumen pendukung secara akurat dan sistematis telah disampaikan kepada Mahkamah Agung.

  • PENELAAHAN PAJAK (TAXREVIEW)
    Sistem self assessment di Indonesia mewajibkan klien sebagai Wajib Pajak secara aktif melakukan penghitungan, penyetoran dan pelaporan secara mandiri atas pajak yang terutang. Kegagalan klien dalam melaksanakan kewajiban perpajakan akan mengakibatkan sanksi perpajakan yang akhirnya menimbulkan beban keuangan tambahan kepada perusahaan. Kami membantu klien dengan upaya terbaik untuk melakukan penelaahan (review) terhadap seluruh kewajiban perpajakan klien. Layanan kami adalah mencakup penelitian dan pengujian terhadap seluruh perhitungan dan pelaporan yang telah dilakukan klien, memberikan solusi terhadap potensi permasalahan, serta rekomendasi implementasi perpajakan ke depan.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah memastikan seluruh kewajiban perpajakan klien sebagai Wajib Pajak telah dipenuhi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, tidak kehilangan kesempatan untuk melakukan penghematan pajak, serta mengurangi resiko penetapan pajak yang lebih besar dalam pemeriksaan pajak.

  • KONSULTASI DAN ADMINISTRASI PAJAK
    Kami memahami akan kompleksitas peraturan dan penerapan perpajakan di Indonesia yang berhubungan dengan bisnis klien. Untuk itu kami hadir membantu klien dengan upaya terbaik dalam memberikan konsultasi dan layanan administrasi terhadap semua kebutuhan dan permasalahan klien atau yang berkaitan dengan isu-isu perpajakan terkini. Layanan kami antara lain konsultasi pajak secara tertulis maupun verbal, penyusunan surat-surat tanggapan atas permasalahan pajak dengan Direktorat Jenderal Pajak, pengurusan administrasi perpajakan dan pelatihan.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah memastikan klien mendapatkan informasi terkini dan tuntunan yang tepat serta akurat, sehingga dapat melakukan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, tidak kehilangan kesempatan untuk melakukan penghematan pajak, dan mengurangi resiko penetapan pajak yang lebih besar dalam pemeriksaan pajak.

  • PENYUSUNAN DOKUMENTASI ATAS PENENTUAN HARGA TRANSFER
    Transfer Pricing merupakan sebuah kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan harga transfer atas transaksi kepada pihak lain yang memiliki Hubungan Istimewa. Isu Transfer Pricing menjadi sorotan besar dalam perpajakan karena dianggap seringkali terindikasi adanya pengalihan penghasilan atau dasar pengenaan pajak dan/atau biaya dari satu Wajib Pajak satu ke yang lainnya, yang berakibat pada berkurangnya laba fiskal. Kami membantu klien untuk memberikan rekomendasi terbaik mengenai kebijakan transfer pricing yang akan diambil oleh perusahaan dan atau melakukan studi untuk menilai resiko dari sisi perpajakan atas kebijakan transfer pricing yang telah diambil oleh perusahaan, serta membantu klien dalam membuat dokumentasi yang dibutuhkan otoritas perpajakan dalam pemeriksaan sehubungan dengan kebijakan transfer pricing perusahaan.

    Tujuan utama dari layanan ini adalah memastikan seluruh kewajiban perpajakan terkait transfer pricing oleh perusahaan sebagai Wajib Pajak telah dipenuhi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, tidak kehilangan kesempatan melakukan penghematan pajak, serta mengurangi resiko penetapan pajak yang lebih besar dalam pemeriksaan pajak.